Thursday, April 11, 2013

Resiko OBESITAS saat Muda

Hingga saat ini, obesitas atau kelebihan berat badan masih menjadi isu global dan pemicu berbagai masalah kesehatan di berbagai belahan dunia.


Selain dikaitkan dengan masalah kesehatan seperti serangan jantung dan diabetes, penelitian terbaru mengungkap bahwa obesitas di usia remaja ternyata dapat memicu penyakit ginjal saat tua.

Peneliti menyebutkan bahwa remaja yang memiliki lingkar pinggang dan punggul yang besar lebih berisiko mengalami gangguan ginjal saat mereka menginjak usia 60-64 tahun. Dan risiko ini akan menurun hingga 36 persen jika di saat muda dapat terhindar dari obesitas, seperti dilansir thevalantpos.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal American Society of Nephrology ini merupakan studi pertama yang menghubungkan gangguan kesehatan ginjal di usia tua dengan obesitas saat remaja.

dr. Dorothea Nitsch selaku penulis penelitian menyatakan bahwa hasil penelitian tersebut masih memerlukan kajian mendalam untuk mengetahui apakah gangguan ginjal di usia tua benar-benar bisa diakibatkan obesitas saat remaja.

Namun peneliti menganggap bahwa kadar lemak yang berlebihan di dalam tubuh, terutama di organ-organ penting seperti ginjal, dapat memberatkan kinerja ginjal dan ditengarai menjadi penyebab penyakit ginjal. (dan)

No comments:

Post a Comment

Paling Populer