Cari Penginapan Dan Penerbangan Terbaik Di Indonesia


Rabu, 09 Mei 2012

Alasan Mengapa Berhenti Merokok

Anda termasuk perokok berat dan berniat berhenti? Ternyata, tubuh Anda pun mendambakan hal itu segera terjadi. Dalam keadaan berhenti merokok, tubuh akan merespons secara positif dengan cepat. ini Alasan Mengapa Berhenti Merokok

Aulia Sani, mantan direktur RS Harapan Kita ini, mengungkapkan hal-hal yang terjadi dalam tubuh kita begitu terbebas dari racun yang ada pada rokok. Aulia menggambarkan dalam 20 menit tanpa rokok, perubahan signifikan terjadi di jaringan organ penting manusia. "Tekanan darah, denyut jantung, dan aliran darah tepi membaik."

Lantas, apa manfaatnya dalam waktu yang lebih lama? Kalau bisa bertahan sampai 12 jam tak merokok, karbonmonoksida di dalam darah kembali normal. "Sistem aliran darah membaik dan fungsi jantung dapat meningkat," ujar Aulia, yang kerap menjadi pembicara seminar.

Nah, agar lebih yakin dengan motivasi berhenti merokok, coba periksa dengan tes ketergantungan nikotin di bawah ini:

Pertanyaan

1. Berapa batang rokok yang Anda isap setiap hari?
Jawaban:
A. 10 atau kurang
B. 10-20
C. 21-30
D. 31 atau lebih
Skor
A. 0
B. 1
C. 2
D. 3

2. Berapa lama setelah bangun tidur Anda merokok?
Jawaban:
A. Dalam 5 menit
B. 6-30 menit
C. 31-60 menit
D. Setelah 60 menit
Skor
A. 3
B. 2
C. 1
D. 0

3. Apakah Anda kesulitan menahan diri untuk tidak merokok di tempat-tempat yang dilarang?
Jawaban:
A. Ya
B. Tidak
Skor
A. 1
B. 0

4. Apakah Anda merokok lebih sering pada jam pertama setelah bangun tidur dibandingkan pada waktu lain?
Jawaban:
A. Ya
B. Tidak
Skor
A. 1
B. 0

5. Pada saat kapan keinginan merokok yang sulit ditahan dan dihilangkan?
Jawaban:
A. Batang pertama di pagi hari
B. Waktu lain
Skor
A. 1
B. 0

6. Apakah Anda tetap merokok saat Anda sakit berat yang membutuhkan bedrest?
Jawaban:
A. Ya
B. Tidak
Skor
A. 1
B. 0

Skor            Ketergantungan
0-3 poin      Ringan
4-6 poin      Sedang
7-10 poin    Tinggi

Keterangan:
Ringan: Level ketergantungan Anda terhadap nikotin rendah. Sebaiknya, cobalah berhenti dari sekarang sebelum ketergantungan Anda semakin meningkat.

Sedang: Anda memiliki level ketergantungan menengah terhadap nikotin. Berhentilah sekarang untuk terbebas dari ketergantungan.

Berat: Anda tidak dapat mengontrol kebiasaan merokok. Sebaliknya, rokoklah yang mengatur Anda. Saat memutuskan berhenti merokok, sebaiknya konsultasikan kepada dokter. Anda akan mendapatkan terapi pengganti nikotin atau terapi lain yang dapat membantu Anda melepaskan diri dari ketergantungan terhadap nikotin.


Sponsored by
. Organic Go Green Diet Sempurna tanpa efek samping

Cara Simpel Turunkan Berat Badan

Para peneliti menemukan Cara Simpel Turunkan Berat Badan. Sederhana sekali, makan lemak lebih sedikit dan meningkatkan intensitas olahraga.
Industri pelangsingan tubuh menawarkan berbagai cara menurunkan berat badan seperti obat diet, makanan, peralatan hingga pakaian dan klub kebugaran. Namun penelitian menunjukkan metode sederhana lebih mungkin menurunkan berat badan.

Sebuah tim ilmuwan di Harvard Medical School Boston meneliti 4.000 orang dewasa yang kegemukan, dan menemukan mereka yang mengikuti saran normal lebih mungkin mengalami penyusutan daripada metode pelangsingan ekstrem.

Dua pertiga dari kelompok mengatakan mereka mencoba menurunkan berat badan pada tahun sebelumnya dengan berbagai metode diet. Para peneliti menemukan 41 persen dari mereka yang mengurangi asupan lemak menurunkan lebih dari 5 persen berat badan dalam setahun daripada mereka yang mengasup makanan cair atau diet suplemen. Ini juga lebih ampuh daripada diet populer seperti diet Dukan atau Atkins, yang menggabungkan asupan protein tinggi dengan jumlah lemak relatif tinggi.

Intensitas olahraga yang lebih tinggi juga berpotensi hampir 30 persen menurunkan berat badan, seperti studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Preventive Medicine.

Meskipun 5 persen penurunan berat badan terdengar tak signifikan, pakar menyatakan ini telah menunda timbulnya diabetes pada penderita obesitas.

Peneliti juga menemukan, pelaku diet yang memerhatikan asupan makanan memiliki dua kali lipat kemungkinan mengalami penurunan berat badan.

Hampir seperempat orang dewasa dan satu dari tujuh anak di Inggris diperkirakan mengalami obesitas, pemicu naiknya risiko kanker dan penyakit jantung. Masalah obesitas pun mencipta beban kesehatan akibat derajat kesehatan yang memburuk.

Peneliti Dr Christina Wee, yang membantu menyusun studi ini mengatakan, "Ada banyak diet populer dan obat-obatan yang belum tentu terbukti efektif."

Dia menambahkan, "yang sangat menggembirakan adalah metode penurunan berat badan sebenarnya dapat diakses dengan mudah dan lebih murah," ungkapnya kepada Dailymail.

Namun hal ini tidak boleh dilakukan hanya dalam jangka pendek, tetapi harus dilaksanakan berkelanjutan baik untuk aktivitas fisik dan asupan makanan.

Paling Populer