Cari Penginapan Dan Penerbangan Terbaik Di Indonesia


Rabu, 01 Agustus 2012

Cara Sehat Turunkan Berat Badan Berlebih

Perhatikan perhitungan berikut ini, Tinggi badan anda 160 cm dan berat badan 60 Kg. Untuk wanita, cara mudah menghitung berat badan maksimum yang ideal biasanya adalah :
{(tinggi badan)-100}x90%
= (160-100)x90%
= 54 kg

Jadi benar adanya Anda tergolong sedikit di atas normal, alias gemunk.

Nah sekarang yang perlu di perhatikan dan dilakukan agar bisa menurunkan berat badan, antara lain :
1. Memperhatikan jenis makanan - minuman yang dikonsumsi / perbaiki menu
makan. Intinya semua makanan, selama memiliki kandungan gizi yang baik dan
seimbang, adalah makanan yang baik. Makanan - minuman yang kita konsumsi
bisa mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Karbohidrat,
lemak dan protein akan mengalami metabolisme, dan akan jadi energi yang
dibutuhkan tubuh untuk aktivitasnya. lihat contohnya di www.organicgogreen.blogspot.com oke lanjutkan  Kalau berlebih maka karbohidrat akan disimpan dibawah jaringan kulit, bukan di jaringan otot, dalam bentuk glikogen, demikian juga dengan lemak dalam bentuk asam lemak dan kolesterol.
Sedangkan protein, biasanya dalam bentuk asam amino, dan yang namanya
asam amino tidak ada bentuk simpanannya, adapun hasil buangan lain, berupa
gas dan bau. Maka, penting dalam usaha menurunkan berat badan, untuk
membatasi makanan - minuman dengan kandungan karbohidrat dan lemak
tinggi, sementara makanan - minuman berprotein tinggi dianjurkan, karena
protein (asam amino) merupakan bahan penting dalam berjalannya proses
metabolisme, apalagi metabolisme karbohidrat dan lemak.
Akan bagus juga kalau banyak memakan buah-buahan dan sayuran yang banyak
mengandung vitamin dan mineral yang juga penting bagi tubuh, bukan yang
banyak mengandung karbohidrat dan lemak, seperti durian dan nangka. Buah-
buahan memberikan sumbangan serat, dan serat sangat dibutuhkan untuk
"mengikat" kelebihan lemak saat makan, oleh karena itu dianjurkan untuk
mengkonsumsi serat setidaknya 8 gram sehari. Mangga termasuk buah yang
kaya akan serat dan vitamin C, sehingga baik untuk dikonsumsi. Pisang, tinggi
kadar vitamin C, namun juga tinggi karbohidratnya. Sedangkan semangka, lebih
banyak kandungan air, tetapi kaya akan antioksidan. Sebaiknya Anda
mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat, seperti pepaya, mangga, dan
nanas dalam konsumsi sehari-hari.

2. Mengurangi porsi makan.
Tapi ingat, mengurangi porsi makannya harus perlahan dan bertahap, jangan
langsung dikurangi sampai setengahnya, karena perubahan yang tiba-tiba ini
malah akan membuat kita gampang merasa lapar dan bisa muncul keluhan
lainnya, seperti pusing-pusing dan lemas. Itu yang tidak kita harapkan.
untuk memperlancar lihat di www.organicgogreen.blogspot.com.

3. Minum air putih.
Tahukah anda kalau tubuh manusia itu 70 - 80 %nya adalah
air ? Jadi bisa dimengerti kenapa kita dianjurkan meminum air putih. Jika kadar
air dalam tubuh kita dibawah nilai normalnya, maka kita akan mengalami
dehidrasi. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk minum air putih sampai 6 - 8 gelas
perharinya.
Air penting bagi kita sebagai katalisator metabolisme dalam tubuh, terutama
metabolisme karbohidrat dan lemak. Dengan banyak minum air, maka
diharapkan karbohidrat dan lemak yang ada pada makanan dan yang tertimbun
dalam tubuh bisa termetabolisme cukup banyak dan penimbunannya berangsur
berkurang.
Air juga penting sebagai pengencer. Darah kita itu selain mengandung sel-sel
darah dan trombosit, juga mengandung senyawa lain, seperti nutrisi, hasil
metabolisme dan absorpsi, yang akan didistribusikan sampai ke seluruh bagian
tubuh untuk kebutuhannya. Dengan begitu, bisa dibayangkan bahwa darah kita
pekat sekali dengan semua itu, akibatnya aliran darah jadi tidak optimal, kalau
sudah begitu besar kemungkinannya ada yang malah bisa mengendap di dinding
pembuluh darah, menyempitkan pembuluh darah itu sendiri, apa jadinya kalau
pembuluh darah di organ penting yang menyempit.

4. Olah raga. Olah raga memang diakui bisa membantu untuk menurunkan berat
badan. Prinsipnya adalah pembakaran kalori dari timbunan karbohidrat dan
lemak yang ada di tubuh. Olah raga dengan cukup intens pada beberapa bagian
tubuh tertentu yang ada timbunan lemak dan karbohidrat, maka timbunan itu
akan hilang, dan digantikan pembentukan jaringan otot. Kita semua tahu, kalau
pembentukan jaringan otot lebih baik daripada jaringan lemak. Yang jelas olah
raga harus dilakukan rutin, dan jangan memaksakan diri.

5. Disiplin Kalau anda ingin menurunkan berat badan, pertama kali anda harus
tanamkan dalam diri anda sikap disiplin. Anda harus disiplin untuk melakukan
apapun yang bisa membantu anda agar bisa menurunkan berat badan. Jika anda
tidak bisa disiplin, maka anda tidak akan pernah berhasil mencapai apa yang
anda inginkan.
Cara mengecilkan perut itu bisa dilakukan dengan olah raga yang dipusatkan
pada otot perut. Tapi masalah pada yang namanya sit-up, yang kita tahu saat
gerakan mengangkat bagian tubuh atas, intensitas otot yang ditimbulkannya
malah lebih berpusat pada otot punggung dan pinggul, anda pasti merasakan itu.
Bisa anda coba gerakan setengah sit-up, maksud kami, lakukan seperti saat
melakukan sit-up biasa, tapi ketika anda mengangkat bagian tubuh atas, angkat
hanya sampai kira-kira 45 derajat dari lantai. Kalau anda merasakan otot perut
anda yang tegang saat melakukan itu, maka anda sudah benar melakukannya.
Akan lebih baik lagi jika Anda mengunjungi pusat kebugaran dan minta bantuan
para trainer untuk mengajarkan Anda cara mengolah perut yang baik dan efektif.
Sedot lemak tidak hanya bisa mengecilkan perut, bisa untuk menyedot lemak di
seluruh bagian tubuh yang kita inginkan. Memang prosedur ini telah menjadi
pilihan beberapa orang untuk mendapatkan tubuh langsing dengan cara yang
cepat. Biaya yang dibutuhkan untuk prosedur ini pun tidak sedikit, dan prosedur
ini dinilai cukup beresiko. Selain itu efeknya pun tidak tahan lama, terutama jika
Anda malas olahraga. Anda harus tetap menunjangnya dengan olahraga teratur
supaya efeknya lebih bertahan.

Ada cara lain lagi untuk menjadi langsing ataupun mengecilkan perut, selain
dengan mengatur pola / menu makan / diet, olah raga dan sedot lemak, seperti :
- mandi sauna => prinsip: mengaktifkan suhu tubuh, sehingga sistem
metabolisme tubuh ikut meningkat dan membakar timbunan lemak - karbohidrat
yang sudah ada dalam tubuh.
- cara akupuntur => prinsip: menekan syaraf lapar.
- hipnotis => prinsip: mengubah kebiasaan dan pola makan.
- bahkan ada juga cara yang disebut operasi bypass - pengurangan lambung =>
prinsip: mengurangi ukuran lambung, sehingga makanan yang dimakan tidak
banyak dicerna dan cepat masuk proses pembuangan.
Cara manapun yang mau anda pilih, anda harus pikirkan baik-baik dan
dikonsultasikan lebih lanjut pada masing-masing ahlinya. Kami di sini cuma bisa
memberi ide.

nah sekian dan terima kasih, semoga membantu.

Dipersembahkan oleh www.organicgogreen.blogspot.com

--
Jupen Bahari S.
Internet Marketer.
Jl.Bukit Pasir. BMP D.20 Kulim. Pekanbaru || Phone : 0852-7127-4525


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paling Populer