Cari Penginapan Dan Penerbangan Terbaik Di Indonesia


Rabu, 23 Mei 2012

Bahaya! Komplikasi Tifus Bisa Sebabkan Kematian


Penyakit tifus harus tertangani dengan baik, dan diketahui perkembangannya sejak dini. Jika  keadaan sudah parah dapat menimpulkan komplikasi yang cukup berbahaya, baik di usus maupun di organ selain usus.

Menurut dr dr Bellza Rizki Ananta komplikasi ini misalnya terjadi perdarahan usus, atau bahkan usus bisa berlubang. Sementara pada organ di luar usus dapat menimbulkan komplikasi pada sistem peredaran darah, gangguan paru, ginjal, hati, dan juga sistem kesadaran yang bisa menyebabkan kematian

Cara terbaik untuk penyembuhan tifus adalah istirahat total (full bedrest) dan diet makanan. Adapun waktu yang dibutuhkan untuk istirahat, setidaknya selama tujuh hari. Hal ini, sebagai cara tepat untuk mencegah perkembangan kuman dan penyebarannya. Selain dari pemberian obat antibiotik pembunuh bakteri. 

Adapun, cara pencegahan yang baik adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan, menyediakan sarana air minum yang memenuhi syarat, pembuatan jamban yang hygienis, dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Terhadap manusia, dapat dilakukan upaya imunisasi untuk memberikan kekebalan tubuh yang kuat. Selain itu memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya penyakit ini, sehingga masyarakat akan berusaha untuk menjaga dirinya dan lingkungannya untuk selalu bersih dan sehat.

Sumber : TRIBUNNEWS.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paling Populer