Cari Penginapan Dan Penerbangan Terbaik Di Indonesia


Wednesday, 17 October 2012

Penyebap Utama Stroke




Ini dia Penyebap Utama Stroke Menurut dr Yuda Turana SpS, hipertensi ya hipertensi adalah pemicu utama stroke, terutama stroke sumbatan. Jika tekanan darah seseorang sangat tinggi, serangan stroke umum mengikuti. Alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu menjelaskan stroke akibat hipertensi dapat diminimalisir asalkan diterapi aktif.

Stroke terjadi karena asupan oksigen dan nutrien ke otak terhambat sehingga sel otak mati. Naiknya tekanan darah tak terkendali menimbulkan stroke karena merusak dan melemahkan pembuluh darah otak. Dampaknya pembuluh darah menyempit, sobek, atau bocor. Tekanan darah tinggi juga dapat memicu terbentuknya gumpalan darah di arteri yang menyumbat aliran darah ke otak dan berujung stroke.

Berdasarkan data Bethesda Stroke Center, semakin tinggi tekanan darah makin tinggi pula risiko terserang stroke, baik tipe pendarahan maupun sumbatan. Kenaikan kadar kolesterol darah juga dapat meningkatkan risiko stroke. Angka stroke meningkat pads pasien yang memiliki kadar kolesterol di atas 240 mg/dl. Tiap kenaikan kolesterol 38.7 mg/dl, maka potensi terserang stroke juga meningkat 25%. Namun, kenaikan high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik 1 mmol setara 38,7 mg/dl menurunkan risiko stroke 47%.

Gejala stroke antara lain, mati rasa atau tiba-tiba merasa lemah di wajah, lengan, atau kaki, terutama di satu sisi tubuh saja. Gejala lain yaitu pandangan tiba-tiba buram, sulit berbicara, bingung, clan kehilangan keseimbangan saat berjalan. Gejala-gejala itu bervariasi tergantung jenis stroke yang dialami—sumbatan atau pendarahan, lokasi stroke Berta tingkat keparahannya.

Stroke juga dapat terjadi tiba-tiba maupun bertahap selama beberapa jam dengan gejala awal tubuh terasa lemas diikuti tangan atau kaki yang tak bisa digerakkan. Namun, makin lama salah satu tangan atau kaki tidak bisa digerakkan. Celakanya, sebagian orang menganggap sepele gejala stroke ringan dan salah mengartikannya dengan gejala penuaan.

No comments:

Post a Comment

Paling Populer